Travel

Review Perjalanan ke Taman Nusantara Bogor – Cianjur

14_Taman_Bunga_Nusantara
Taman Bunga Nusantara (by Rifi Anggriawan)

Review Perjalanan ke Taman Nusantara Bogor – Cianjur. Taman Nusantara Bogor terletak di Kabupaten Cianjur beralamatkan Jalan Mariwati KM.7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43254. Taman ini terbilang sangat luas, dipenuhi banyak tumbuh-tumbuhan yang dirangkai sangat bagus dan warna warni. Taman ini diresmikan pada tanggal 10 September 1995.

 

Jam Buka:

Senin – Jum’at jam 08:00 – 17:00
Sabtu & minggu jam 08:00 – 17:30

Tiket masuk:

1_Tiket_Masuk_Taman_Bunga_Nusantara
Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara

Biaya masuk 40.000, akan tetapi ada tiket penggabungan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

2_Dotto_Train_Taman_Bunga_Nusantara
Dotto Train Taman Bunga Nusantara
3_Garder_Tram_Taman_Bunga_Nusantara
Garden Tram Taman Bunga Nusantara
4_Bukti_Tiket_Masuk
Bukti Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara

Fasilitas:

  • Taman Air: Ragam tanaman air dengan bentuk yang indah dan menarik. Seperti teratai, lotus, tanaman khas dari Amerika Selatan seperti teratai raksasa Victoria amazonica, dan tanaman air seperti pisang. Giant Arum.
5_Taman_Air_-_Pintu_Masuk_Taman_Bunga_Nusantara
Taman Air – Pintu Masuk Taman Bunga Nusantara
6_Taman_Air_Taman_Bunga_Nusantara
Taman Air Taman Bunga Nusantara
  • Taman jepang: terdapat tembok tinggi bercat putih (banteng putih), kolam, pagoda atau gazebo serta tanaman yang dipola dan dipangkas rapi.
  • Taman bali: menampilkan ragam tanaman tropis berbunga dan berdaun indah serta bangunan khas bali. Seperti gapura, bale beging serta kuil-kuil khas bali
7_Taman_Bali_Taman_Bunga_Nusantara
Taman Bali Taman Bunga Nusantara
  • Rumah kaca: taman tropis dan tatanan bunga yang indah didalam rumah kaca
  • Taman mediterania: taman-tamanan sejenis kaktus yang dapat tumbuh di tempat kering.
  • Danau angsa: terdapat angsa-angsa yang lucu seperti mute swan atau angsa putih. Didalam danau angsa juga banyak ikan-ikannya.
8_Salah_satu_maskot_Taman_Bunga_Nusantara
Salah satu maskot Taman Bunga Nusantara
  • Taman labirin: taman yang didesain khusus untuk memecahkan misteri menuju jalan keluar. Kalau berhasil memecahkan jalan keluarnya, pengunjung akan disuguhi tempat foto-foto yang menarik. Kalian bisa membeli peta saat di taman labirin dengan membayar 2000, tapi saya bisa share petanya sendiri disini.
8.5_Taman_Labirin_Taman_Bunga_Nusantara
Taman Labirin Taman Bunga Nusantara (Photo by Rifi Anggriawan)
  • Alam imajinasi: wahana bermain keluarga seperti bomb om boat, super go-kart, dan permainan unnik lainnya.
  • Topiary merak: sejenis kerangka merak yang dilapisi tumbuh-tumbuhan. Dibutuhkan +/- 25.000 tanaman berbunga untuk mengisi kerangkanya dan +/- 60.000 untuk display karpet. Bentuk dan warna bunga yang membentuk pola topiary dan display karpet akan selalu berubah setiap dua atau tiga bulan sekali.
9_Display_Karpet_Bunga_Dinosaurus_Taman_Bunga_Nu
Display Karpet Bunga Dinosaurus Taman Bunga Nusantara
  • Taman amerika: terdiri dari dua yakni country classic garden (replica tanaman yang berada di pedesaan amerika) dan native garden (replica semak berbunga di Amerika)
10_Taman_Amerika_Taman_Bunga_Nusantara
Taman Amerika Taman Bunga Nusantara
  • Taman perancis: taman dibuat menyerupai taman perancis pada masa renaissance abad ke 17.
11_Taman_Perancis_Taman_Bunga_Nusantara
Taman Perancis Taman Bunga Nusantara
  • Dahlia corner: menyediakan gedung pertemuan dan fasilitas untuk acara
  • Taman palem: terdapat 100 variasi palem dari berbagai penjuru dunia.

Dan ada banyak lainnya seperti dotto train, Menara padang yang terletak di sebelah taman labirin (biasanya untuk foto kejauhan labirin), wira wiri, garden tram, taman jam, taman music (nanti disekitar taman akan mengeluarkan alunan music yang merdu dan enak) dan lainnya.

12_Taman_Jam_Taman_Bunga_Nusantara
Taman Jam – Taman Bunga Nusantara
13_Jam_Taman_Tulisan_Taman_Bunga_Nusantara
Tulisan Jam Taman – Taman Bunga Nusantara

(source: brosur taman nusantara)

Transportasi:

Kemarin saya dan teman-teman dari Jakarta naik bus marita jurusan kampung rambutan-cianjur, selanjutnya turun ke pasar cipanas dan naik angkutan umum satu kali warna kuning dengan warna bawahnya ungu, yang mana jurusan cipanas mariawati

Pengalaman:

Jadi aku dan teman-temanku kesana pada tanggal 12 Agustus 2017, dari jam 11.00 sampai 16:30. Dan itu rasanya belum puas, karena belum semuanya terjelajahi. Akan tetapi mengingat waktu dan badan kita yang udah capek dengan terpaksa kita harus mengakhirinya.

Bagi kami ini adalah pengalaman yang menyenangkan, karena tempatnya sangat luas dan jujur kami tidak menyesal meskipun sudah merogoh kocek yang lumayan untuk masuknya (Rp. 40.000). Dari segi pengunjungnya terbilang ramai, tetapi masih terlihat normal karena tamannya luas banget (soalnya, kalau dari aku sendiri kurang suka jika terlalu banyak pengunjung). Disini kami masih bisa berfoto-foto ditengah jalan meski tanpa tripod ataupun difotoin orang.

14_Foto-foto_di_Taman_Perancis
Foto-foto di Taman Perancis
14_Foto-foto_di_Taman_Perancis_bisa_selanjoran
Foto-foto di Taman Perancis bisa selanjoran

Pengunjung di Taman Bunga Nusantara sendiri kebanyakan orang timur tengah, konon ceritanya mereka seneng banget kedaerah puncak dan sekitarnya katanya berasa di surga dingin dan indah dimata (hijau-hijau).

Oh iya, disana ada restoran namanya “aneka mie”. Dari segi rasa 8.5 deh, tapi yang aneh restoran ini sepi banget sampai kami negative thinking duluan. Harganya normal untuk ukuran mie jika di tempat wisata, tetapi sepertinya terbilang mahal untuk ukuran di kabupaten cianjur sendiri. Harga yang ditawarkan berkisar Rp. 20.000 – Rp. 40.000. DItempat ini aku merekomendasikan untuk membeli mie rebus. karena enak, enggak enek dan harganya Rp. 25.000. Pelayanannya good. Tempat favorite ku adalah taman perancis (bagus buat foto-foto) dan taman labirin (karena memecahkan solusi).

One thought on “Review Perjalanan ke Taman Nusantara Bogor – Cianjur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *