Travel

Review Dusun Bambu Lembang – Tempat Wisata Alam yang menyenangkan

0_Dusun_Bambu

Review dan harga tiket ke Dusun Bambu Lembang Bandung. Dusun bambu beralamatkan di Jalan Kolonel Masturi KM. 11, Cisarua, Lembang, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551, jam buka dari jam 10.00 – 21.00. Tanggal 19 Agustus 2017, saya berdua dengan teman kesini. So far pemandangannya bagus beneran. Worth it jika dibandingkan dengan harga tiket masuk+transportasinya

Harga tiket: Rp 25.000/Orang, saat keluar kalian bisa menukarkan air mineral atau bibit tanaman. Sama seperti di farmhouse, kalian bisa menukarkan tiket dengan susu (baca: Farmhouse Lembang)

Disana benar-benar menyenangkan pemandangannya. Banyak sekali tumbuhan yang berwarna hijau, ada air terjun kecil, permainan-permainan anak kecil. So far, tempat ini cocok untuk berkumpul dengan keluarga (bisa piknik juga).

7_Pernak_pernak_kayu_di_Dusun_Bambu
Pernak-pernik kayu dan bambu di Dusun Bambu

Sebelum masuk ke loket, terdapat bambu-bambu yang tidak tertata rapi tetapi tetap bagus untuk dilihat. Dan memang rata-rata bangunan disini terbuat dari bambu.

1_Bambu-bambu_di_Dusun_Bambu
Bambu-bambu yang berantakan tapi terlihat cantik di Dusun bambu

Selesai menunjukkan tiket, kita mengantri untuk di pick up dari pintu masuk ke lokasi dusun bambunya menggunakan mobil. Bagi kalian, jangan dibuang tiketnya ya karena disana tertulis kalian tadi di pick up nya dari mana, sehingga baliknya juga akan diantar sesuai dengan pintu masuk awal pengantaran.

3_Jembatan_di_Dusun_Bambu_2
Lalu lalang pengunjung di Dusun Bambu

 

Setelah diturunkan, akan terlihat restoran burangrang makanan Indonesia, playground untuk anak-anak, dan lainnya.  Disini, banyak fasilitas yang ditawarkan bagi seseorang yang hobi foto.

2_Burangrang_di_Dusun_Bambu
Foto didepan Burangrang Dusun Bambu

Hal yang paling menarik bagi saya adalah, terdapat lokasi rumah apung yang dikelilingi danau. Pemandangan yang menyenangkan (padahal pernah ke rumah apung). Ternyata rumah apung merupakan salah satu penginapan yang disewakan di Dusun Bambu lembang. Untuk penjelasan dusun bamboo yang lebih lengkap dapat diakses disini www.dusunbambu.com/.

6_Rumah_Apung_di_Dusun_Bambu
Rumah Apung yang indah di Dusun Bambu

Fasilitas:

Kebanyakan tempat-tempat di dusun bamboo ini menawarkan tempat makan seperti:

  • Purbasari
  • Authentic Sundanese Food, Makan Tepi Danau
  • Burangrang Dapur Indonesia, yang mana menyajikan berbagai menu khas Nusantara Indonesia
5_Rumah_rumahan_di_Dusun_Bambu
Authentic Sundanese Food Dusun Bambu

Terdapat kampung layung yang kental akan khas sunda, Bamboo Playground(untuk anak-anak), Dusun Bambu Family Leisure Park, kalian dapat naik kereta kecil (bamboo express), air terjun kecil, camping ground (tempat camping buat anak-anak sekolahan).

4_Air_terjun_kecil_di_Dusun_Bambu
Air terjun mini di Dusun Bambu

Berfoto didepan gapura tegal pangulinan

8_Tegal_Pangulinan_di_Dusun_Bambu
Tegal Pangulinan Dusun Bambu

Berfoto di jembatan air terjun kecil.

9_Jembatan_air_terjun_di_Dusun_Bambu
Jembatan air terjun di Dusun Bambu

Kereta-keretaan bamboo express

91_Bamboo_express_di_Dusun_Bambu
Kereta Api Bamboo Express Dusun Bambu

Tempat menarik lainnya adalah tempat makan bersama (food court) yang memiliki konsep hampir sama seperti bazar makanan. Jadi untuk transaksi pembelian makanan diharuskan memakai uang mainan seperti uang monopoli. Jika uang mainan tersebut masih tersisa, dapat ditukarkan dengan uang asli asalkan menunjukkan struk saat melakukan penukaran uang mainan. Gambar uang-uangannya bisa dilihat disini.

93_Makanan_dan_uang-uangan_di_Dusun_Bambu
Makanan dan Uang Transaksi di Dusun Bambu

Transportasi umum:

Kalau dari stasiun Bandung:

  1. Naik angkot abu-abu bawahnya hitam dengan tulisan lembang. Disana turun di jalan Raya lembang No.188.
  2. Jalan kearah bella vista hotel, naik angkot ke arah cimahi warnanya hijau muda agak kekuning-kuningan dan bilang mau ke dusun bambu (tetapi angkutan ini tidak lewat didusun bambu). Turunnya di pertigaan colonel masturi-dusun bamboo/situ lembang
  3. Dari pertigaan bisa jalan kaki/naik ojek. (karena jalanannya tanjakan mending naik ojek).

Tips dari saya:

Naik angkot abu-abu bawahnya hitam dengan tulisan lembang. Disana turun di jalan Raya lembang No.188. Bayarnya kemarin 10.000/orang (terlalu mahal, sepertinya di mark up. Biasanya paling 6000-8000). Setelah itu naik transportasi online, karena harga yang ditawarkan lebih murah +/- 25.000 dan lebih cepet sampainya.

Note: Angkot abu-abu bawahnya hitam dengan tulisan lembang (yang dimaksudkan pada no 1 transportasi umum) juga akan mengantarkan kalian di depan pintu masuk wisata farmhouse dan floating market.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *