5 Komik Webtoon Ter-Favorit Menurut Saya (Opini Subyektif)

Webtoon
Webtoon Line

5 Komik webtoon Line yang terbaik dan terfavorit menurut pembaca dan saya sendiri

Baik, kali ini saya akan membahas komik-komik favorit saya di webtoon. Webtoon adalah sejenis komik elektronik yang dimuat didalam aplikasi dan membutuhkan internet untuk mengaksesnya (tapi bisa diunduh). Webtoon ini telah menjadi bagian dari aplikasi LINE. Awal mula komik ini setahu saya dari Korea Selatan. Saya tidak mau terlalu panjang menceritakan istilah atau sejarah webtoon, kalian bisa mencarinya sendiri.

Sebenarnya saya mulai membaca webtoon sekitar satu tahun yang lalu dan sudah banyak komik webtoon yang saya baca (padahal enggak sampai setengah komik-komik di webtoon). Dan langsung saja, saya akan membahas lima (5) webtoon favorit versi saya sendiri:

  1. Lookism (Genre Drama)

Lookism_Webtoon_1Dengan 1.2 Juta Pembaca yang memfavoritkan dan terbit setiap kamis. Bercerita tentang kehidupan anak SMA di Korea Selatan, Hyung seok park adalah pemeran utama dalam komik ini yang memiliki dua badan; badan orang ganteng yang digunakan untuk kehidupan dipagi hari (Sekolah) dan badan yang gemuk digunakan untuk bekerja di supermarket saat malam hari.

Ternyata tidak Hyung seok sendirian yang memiliki dua badan, tetapi ada seoarang perempuan yang memiliki dua badan berasal dari keluarga kaya, berbeda dengan Seok dari keluarga tidak berada.

Bagaimana kelanjutan ceritanya? Baca sendiri yaa, hehehe.

Kenapa saya menyukai komik ini? Karena konflik ceritanya berbeda-beda dan dituntaskan dalam 5-10 Episode. Konflik-konflik baru diselesaikan dengan cepat (tidak bertele-tele) membuat cerita selalu fresh bagi pembaca.

Dari seluruh cerita terdapat satu judul ceritanya yang paling keren menurut saya yakni stalker (ep 113-120). Cerita menyeramkan dan thriller ini mampu membuat pembaca pengen muntah gara-gara kelakuan salah satu fans (Hyung seok tampan)  yangsungguh-sungguh keterlaluan. Fansnya ini termasuk sosok wanita yang psikopat dan tidak terawat. Perbuatan yang dilakukan menandakan “sangat ingin memiliki” Hyung seok.  Untungnya diakhir cerita dia berhasil ditangkap. Tetapi menurutku, kedepannya akan ada cerita lanjutan tentang cewek psikopat itu.

Lookism_Webtoon_3
Stalker Lookism Webtoon
Lookism_Webtoon_4
Stalker – Lookism Webtoon

 

  1. Tales of the unusual (Genre Horor)

Dengan 553.451 pembaca yang memfavoritkan terbit setiap senin. Bercerita tentang kejadian-kejadian yang aneh, menegangkan, dan tidak biasa dikehidupan sehari-hari. Kisah-kisahnya lebih ke thriller dan horror yang mampu membuat orang-orang berpikir “agak” keras jika membacanya. Cerita yang ditaTales_of_Tache_Unsually_Webtoon_1warkanpun berbeda-berbeda dalam setiap 1-11 episode dengan pemeran yang berbeda-beda pula. Setiap cerita juga memiliki pelajaran yang dapat dipetik, sehingga tidak hanya sebagai hiburan akan tetapi memuat pembelajaran sosialisasi.

Sebenarnya banyak cerita bagus disini dan ceritanya memang tidak biasa sampai kadang mikir penulisnya itu dapat inspirasi mengkhayalnya dari mana. Cerita berasal dari korea ini memang menyuguhkan hal yang berbeda tetapi menarik untuk dibaca. Cerita yang paling saya sukai di komik ini adalah “beauty water/air kecantikan (ep 69-79)”. Menceritakan seseorang wanita gemuk yang ingin kurus dan cantik dengan menggunakan produk kecantikan beauty water. Hanya dengan berendam sebentar, kulit-kulit ditubuh dapat meleleh dan selanjutnya dapat dibentuk kembali sesuai keinginannya. Alhasil cewek tersebut cantik dan kurus, tetapi pola makannya masih sama (ngawur) sehingga tubuhnya kembali agak menggemuk. Karena merasa gemukan, dia berendam lagi menggunakan beauty water. Akan tetapi terjadilah masalah dimana dia berendam terlalu lama dan terpleset, membuat dia tidak bisa bangun lagi dan orang tuanya mengira air rendamannya adalah air kotor padahal itu tubuh anaknya. Dan masih panjang ceritanya (kalau dilanjutin bakal jadi satu blog sendiri ini wkwk).

Tales_of_Tache_Unsually_Webtoon_2
Beauty Water – Tales of The Unsually Webtoon

Intinya pelajaran yang dapat disimpulkan;

  • Tidak ada yang instant didunia ini untuk menjaga tubuh atau kesehatan, malah berbahaya kalau yang instan-instan.
  • Cantik itu mahal dan menyakitkan :’)
  • Syukuri apa yang sudah didapatkan dan rawat dengan baik
  • Dan banyak lainnya.

 

Tales_of_Tache_Unsually_Webtoon_3

Beauty Water 2 – Tales of The Unsually Webtoon
  1. Golden spoon (Genre: Drama)
Golden_Spoon_1
Cover Golden Spoon Webtoon

Dengan 340.350 pembaca yang memfavoritkan dan terbit setiap selasa. Bercerita tentang pertukaran diri antara si kaya dan si mikin dengan menggunakan sendok emas. Apabila seseorang yang seumuran memakai sendok emas tersebut sebanyak tiga kali dirumah orang yang seumuran, maka mereka akan bertukar posisi. Hal tersebut telah dilakukan oleh Sungchon, yang menukarkan dirinya dengan Taeyong untuk menjadi kaya raya dan meninggalkan keluarganya yang miskin.

Well, cerita ini drama bersambung dan masih ada sampai saat ini. Hal yang membuat menarik adalah…. Meskipun mereka bertukar posisi tetapi cinta itu tidak bisa bertukar juga. Jadi, meskipuun Taeyong (anak orang kaya) berubah menjadi miskin (menjadi si Sungchon) dan pacarnya Juhee (anak orang kaya), mereka masih saling mencintai meskipun banyak yang menentang karena perbedaan status sosial mereka. Padahal Taeyong palsu (Sungchon) suka sama Juhee tapi Juhee memilih Sungchon palsu.

Hal ini seperti kayak cinta itu enggak bakal tertuker atau jodoh itu tidak akan kemana. Sebelumnya saya juga pernah menjadikan instastory di Instagram saya “@maritsaam”.

Golden_Spoon_2
Golden Spoon Sungchon dan Juhee
Golden_Spoon
Golden Spoon 2
Golden_Spoon_5
Golden Spoon 3
  1. Lucky romance (Genre: Romantis)
Lucky_Romance_Webtoon_1
Cover Lucky Romance Webtoon

 

 

Dengan 205.844 pembaca yang memfavoritkan. Bercerita tentang seseorang yang percaya banget sama dukun dan kehidupannya dipenuhi dengan aturan-aturan dari dukun tersebut. Sampailah dia bertemu dengan someone yang tidak percaya sama sekali dengan dukun dan pelitnya bukan main.

Komik yang sudah tamat dan memiliki 41 episode ini, sebenarnya memiliki cerita sederhana tetapi unik. Gambarnya juga tidak terlalu bagus tapi gemesin (padahal saya sendiri enggak bisa gambar). Romantisnya juga sederhana tapi bikin baper. Yang paling unik adalah pertemuannya dengan someone yang enggak percaya sama dukun, terus someone ini akhirnya rela mengeluarkan uang demi seseorang yang tanpa sadar sudah di cintainya.