Resensi

Review Buku Garis Waktu Oleh Fiersa Besari – Sebuah Perjalanan Menghapus Luka

Cover Garis Waktu – Sebuah perjalanan menghapus luka
  • Penulis: Fiersa Besari
  • Pages: 211 Halaman
  • Redaksi: Media kita 2016
  • Bahasa: Indonesia
  • ISBN: 978-979-794-525-1

Kali ini saya akan review buku garis waktu, sejujurnya saya hanya tahu lagu-lagunya saja dan baru-baru ini. Lagu yang saya sukai untuk didengarkan berjudul juara kedua dan lirik yang paling suka garis waktu, “Sekarang kita hanya 2 orang asing dengan sejuta kenangan”.

Dari lagu-lagu tersebut, aku cari tahu mengenai sosoknya dan nyatanya dia juga seorang penulis. Akhirnya saya mencari e-book nya dan ketemu (kalau kalian mau e-booknya bisa komen dengan memberikan e-mail kalian). Di awal saya menebak kalau ceritanya kemungkinan sama seperti Boy Chandra- sebuah usaha untuk melupakan. Dan ternyata cara menuangkan tulisannya berbeda, fiersa besari ini menceritakan awal bertemu sampai berpisah dengan kata-kata yang tidak sepuitis boy Chandra. Meskipun cerita ini alurnya maju dari awal sampai akhir akan tetapi cerita awal pertemuan itu dituangkan seakan-akan sudah tahu kalau mereka memang dipertemukan untuk dipisahkan, terkesan memang dia menceritakan dari awal sampai akhir dengan perasaan kehilangan yang sekarang.

Tulisan ini dibuat saat fiersa besari sedang putus dengan kekasihnya. Awalnya hanya sebuah postingan yang terpisah-pisah dan kemudian disatukan menjadi buku. Kebanyakan tulisannya menggunakan kata atau bahasa yang jarang didengar sehari-hari, seperti “Semestaku sebelum kau datang adalah konstalasi yang sistematis; mengandung stagnansi yang konservatif”.

Ternyata tidak semua konten tulisannya bergenre relationship dengan pasangan, akan tetapi ada beberapa konten bergenre lain seperti tulisan “Tak perlu meminta mereka untuk mengerti” dan “Hey sahabat”. Ciri khas lainnya pada buku ini yakni setiap akhir tulisan terdapat kalimat yang puitis dan menginspirasi, serta foto-foto yang abstrak tapi memiliki makna.

Banyak kutipan yang menarik menurut saya, akan tetapi yang paling bagus menurut saya berikut ini:

“Jika kita berjodoh, walaupun hari ini dan ditempat ini tidak bertemu, kita pasti akan tetap dipertemukan dengan cara lain”

“Pengagummu akan pergi setelah kau tak sesuai lagi dengan imajinasinya, tapi orang yang menyayangimu akan tetap tinggal betapapun buruknya dirimu. Dan diterima apa adanya tanpa harus berpura-pura menjadi orang lain, itu indah”

“ “Selamat”, ulangku dengan penuh kemunafikan. Padahal diam-diam kudoakan ia mati saja” – jujur saja ya, ketika mantan pasangan kita sudah memiliki pengganti kita, pasti ucapan selamat itu rasanya penuh dengan kebohongan wkwk.

“Sekuat-kuatnya seseorang memendam, akan kalah oleh yang menyatakan. Sehebat-hebatnya seseorang menunggu, akan kalah oleh yang menunjukkan”

“Seseorang yang tepat tak selalu datang tepat waktu. Kadang ia datang setelah kau lelah disakiti oleh seseorang yang tidak tahu cara menghargaimu”

“Jika mereka bertanya padaku apakah aku menyesal, jawabanku adalah ‘tidak’. Berhasil ataupun gagal, aku bangga hidup diatas keputusan yang kubuat sendiri” – Kamu tahu ketika kamu berangan-angan seandainya, lebih baik kamu berfikir apa-apa yang didapatkan sekarang dan bersyukur sudah mendapatkan itu.

“Ikhlaskan saja. Karena sesungguhnya, yang lebih menyakitkan dari melepaskan sesuatu adalah berpegangan pada sesuatu yang menyakitimu secara perlahan”

“Logika lalu mencubitku seraya berkata, bahwa aku sebetulnya baik-baik saja. Aku tidak sedang merindukanmu. Aku hanya sedang merindukan kenangan tentangmu”

“Beberapa orang berhenti menyapa bukan karena perasaannya berhenti; melainkan akrena telah mencapai titik kesadaran untuk berhenti disakiti”

“Tidak ada yang abadi, baik bahagia maupun luka. Suatu saat kita akan tiba di titik menertawakan rasa yang dulu sakit atau menangisi rasa yang dulu indah”

image
Rasa takut dan rasa cinta – Fiersa Besari Garis Waktu
image
Kasih Sayang – Fiersa Besari Garis Waktu
image
Bangkit hidup takkan menunggu – Fiersa Besari Garis Waktu
image
Bangkit dan terus maju – Fiersa Besari Garis Waktu
image
Ketidakpastian yang harus dipastikan – Fiersa Besari Garis Waktu
image
Memperbaiki atau melepaskan – Fiersa Besari Garis Waktu
7new
Manusia kuat – Fiersa Besari Garis Waktu
image
Maafkan dirimu dulu – Fiersa Besari Garis Waktu
image
Format ingatanku – Fiersa Besari Garis Waktu
image
Lagu Garis Waktu Oleh Fiersa Besari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *