Explore Jakarta “Pasar Baru & Kota Tua” Cocok bagi yang suka belanja dan tukang selfie

Review Pasar Baru & Kota Tua, Tempat untuk berfoto di Kota Jakarta. Belanja merupakan hobi keduaku setelah menulis, bagi aku refreshing yaa belanja, hahaha. “work hard so you can shop harder”, tapi kadang ya suka window shopping saja kok. Kali ini aku dan dua temanku ke Pasar Baru (Passar Baroe). Sebenarnya niat awalnya hanya mengantarkan salah satu teman yang mau memperbaiki kameranya setelah itu langsung pergi ke kota tua, tapi niat terkadang berbeda dengan realita. Pasar baru ini letaknya di Jakarta Pusat. Desainnya seperti zaman-zaman Belanda gitu. Terdiri dari beberapa mall; Metro Atom Plaza, Harco Pasar Baru, ada pedagang-pedagang kaki lima dan lainnya (aku kurang tahu apa saja mall disini). Kami pesan mobil Grab dari tempat tinggal ke Metro Atom. Sebenarnya kami bisa naik bus transjakarta, tapi dipikir-pikir hemat waktu juga sih. Lokasi kami dari Tebet BKPM, turun ke Semanggi, lanjut ke Bendungan Hilir, transit halte Harmoni ke Pasar Baru. Jadi harus transit dua kali.

Sambil menunggu orang yang nyervisin, aku dan satu temanku muter-muter cari barang yang titipan teman. Sambil jalan, kami juga melihat banyak yang jualan kamera, ada toko apotik, dan toko perhiasan. Beberapa toko menjual kamera yang membuat mataku hampir tidak berkedip. Harga yang ditawarkan sepertinya tidak jauh beda dengan lainnya. Disini tempat yang cocok untuk membeli aksesoris kamera, membeli kamera second, terus service kamera.

Karena barang yang kami cari tidak ada, akhirnya balik lagi ke tempat service-an. Selesai membenarkan kameranya, kami mencoba untuk mencari-cari barang titipan tadi dan syukurnya ketemu. Rute selanjutnya adalah membeli kaca mata dan jam tangan di luar pasar. Di luar pasar kami disuguhi jalanan dengan tema vintage/old (zaman dahulu), bagus, dan desain gerbang yang masih zaman Belanda dengan tulisan pasar yang masih menggunakan ejaan dahulu. Aku hanya menebak kawasan-kawasan ini jangan-jangan bergaya seperti Jakarta Kota karena dekat dengan Jakarta Kota. Harga yang ditawarkan di pasar ini menurutku lebih mahal daripada pasar-pasar lainnya. Tapi aku memaklumi hal tersebut karena rata-rata dari golongan kelas atas.

Capture

Jalanan pasar baru
IMG_20161217_174625_HDR

Gerbang Pasar Baru
IMG_20161217_174701_HDR

Narsis di jembatan layang, menuju halte Trans Jakarta
IMG_20161217_174825_HDR

Tampak jauh pasar baru

Dari pasar baru kami naik bus transjakarta menuju rute perjalanan selanjutnya, yakni Kota Tua. Sekitar pukul 17.00 kami baru naik bus. Dibutuhkan hampir setengah jam lebih dari halte pasar baru ke Jakarta kota. Sebenarnya rutenya dekat, tetapi yang membuat lama adalah jalan ke halte, dan kami juga harus transit satu kali ke halte Harmoni. Ongkos naik bus transjakarta ini sekali jalan hanya Rp 3.500 saja, tapi aku yang kurang suka sih jika harus transit.

This is my first time ke kota tua dengan naik bus, kalau dulu aku pernah naik KRL.

Di Kota Tua keadaannya sudah malam dan kondisinya malam minggu, jadi banyak pasangan-pasangan berterbangan.

Kami disana cuma buat foto-foto saja, karena memang tempatnya indah, bangunan-bangunan klasik, tua, ditambah awan yang gelap, dan hitam.

IMG_5000

Narsis didepan Museum Fatahillah
IMG_5090

Jangan salah fokus dengan kedua orang dibelakang kita
IMG_5095

Kota Tua Malam Hari
IMG_5098

Tersenyumlah selagi bisa tersenyum
IMG_5091

Shining in the Darkness
IMG_5157

Ekspresi Ketakutan dipeluk
IMG_5138

Mulai lelah dengan kenarsisan kita

Disana kalian bisa banyak temui orang-orang yang berpose seperti nona tuan Belanda, veteran, mobil-mobil yang semi-semi antik. Di Kota Tua juga banyak orang yang berjualan makanan, aksesoris handphone, dan lain sebagainya.

IMG_4965

Narsis didepan cafe batavia

Kalau dulu pertama kali datang di sana pada sore hari, sehingga banyak peminjaman sepeda kuno untuk muter-muter halaman Kota Tua. Dan ada peminjaman balon yang ala-ala kekinian.

Oh ya, disini juga ada beberapa museum yang beroperasi dari pagi sampai sore. Bagi yang berencana mau kesini dan ingin masuk ke museum Fatahillah, Bank Indonesia, Pos Indonesia, dan lainnya, datanglah sebelum jam 4.

IMG_5202
Museum Pos Indonesia
IMG_5099

Museum Fatahillah
IMG_20161217_181033_HDR

Museum Bank Indonesia 🙂

Jakarta Kota atau biasanya disebut Kota Tua bisa menjadi alternatif bagi kalian yang ingin jalan-jalan ringan di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *