Tips irit ke Dunia Fantasi (Dufan) Ancol Jakarta

Tips hemat kalau mau ke dunia fantasi kurang dari 200 ribu. Dunia Fantasi atau biasanya disingkat menjadi Dufan merupakan salah satu tempat hiburan di Jakarta yang tepatnya terletak di kompleks Taman impian jaya ancol, Jakarta Utara, Indonesia. Pada tanggal 17 Maret, saya dan dua adik pungli saya (bercanda :v) pergi berkunjung ke dufan. Kita bertiga naik transjakarta, karena memang cepat dan turunnya langsung di dufan. Dulu pernah sempat mencoba naik KRL, saya pikir turunnya langsung didepan ancol, ternyata harus naik angkutan umum lagi ke ancolnya. Jadi saya sarankan pake banget naik transjakarta saja. Setelah turun dari transjakarta tinggal jalan doank sekitar +/- 300 meter jalannya.

Sampai di ancol jam 10.00, sengaja sampai disana pagi-pagi bisa main sepuasnya. Jam buka dufan sendiri untuk weekend dari jam 10.00 – 20.00 sedangkan untuk weekdays jam 10.00 – 18.00. Kita langsung masuk ke ancol dengan membawa tiket yang sudah dibeli jauh-jauh hari yang pasti dengan harga yang lebih murah, jadi tidak perlu membeli tiket.

image
Fotobox di Dufan
image
Furnitur di Dufan

Sempat kaget karena sudah ramai orang yang antri tiket ke dufan. Sejenak berfikir harusnya saat weekdays saja kesini, tapi tidak mungkin juga karena pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan seenaknya. Sekitar jam sepuluhan lebih dufan dibuka, akan tetapi kondisi cuaca yang sedang hujan membuat wahana outdoor dan extreme ditutup sampai cuaca sudah memungkin. Akhirnya kita ke wahana yang berada di indoor. Seperti:

  1. Rumah Jahil (rumah miring)

Bangunannya dari depan tampak indah, instagramable lah yaa. Ketika masuk, benda-bendanya dibuat miring semua. Jalannya juga, tetapi jangan takut jatuh karena ada pegangannya dan lantainya dibuat tidak licin. Sayangnya, karena suasananya agak gelap, jadi kurang bagus untuk foto-foto.

image
Rumah jahil (rumah miring)
image
Rumah ajaib rango-rango
  1. Rumah kaca
image
Rumah Kaca Dunia Fantasi

Sudah bisa dibayangkan bagaimana wahana ini, seperti biasanya bahwa wahana ini berbentuk rumah dan didalamnya terpisah dengan sekat-sekat terbuat dari kaca yang banyak dan hampir tak berujung jika tidak bisa menemukan jalurnya. Akan tetapi karena terlalu banyak orang yang masuk, membuat kita hanya berjalan mengikuti arahan dari depan (sangat disayangkan).

Selesai dari rumah kaca, hujan masih tak berhenti. Rasa kecewa menghampiri karena mengeluarkan biaya yang “lumayan” untuk masuk ke dufan, tapi kita tidak boleh menyalahkan hujan karena pemberian dari yang diatas (mungkin ada hikmah dibalik semuanya).

Kita tidak berhenti mengitari jalanan untuk mencari wahana yang buka. Oh iya, sebelum mengitari pastikan bahwa kalian sudah punya map dufan (difoto atau ambil brosurnya), untuk memudahkan menemukan wahana yang dituju.

image
Peta Informasi Dunia Fantasi
image
Maps Dunia Fantasi
image
Informasi Wahana (1)
image
Informasi Wahana (2)
image
Jadwal pertunjukan di Dufan

Jam setengah 12 hujan sudah reda, tepat dimata kita ada sebuah wahana yang lumayan ekstreme dibuka dan langsung kita antri.

  1. Halilintar

Karena antrian yang belum panjang kita langsung antri di halilintar. Tapi tetap saja, ternyata kita memakan waktu 45 menit untuk antri, padahal permainannya hanya 2 menit saja. Bagi yang ingin naik wahana ekstreme tapi tidak terlalu ekstreme, menurutku wahana ini cocok karena memang cuma dua menit doank dan kereta yang memutar (360 derajat) cuma sekali doank juga.

image
Wahana Halilintar
  1. Niagara

Selesai ke halilintar, kita naik Niagara ini. Antrinya +/- 30 menit. Niagara ini wahana air, saran saya bawa kresek, sepatu letakkan di kresek kemudian celana angkat setinggi-tingginya (kalau tidak bawa baju ganti), bawa tas anti air atau tas dimasukkan kedalam kresek.

Wahana ini berisikan 3-5 orang dalam setiap perahunya. Saat itu perahu kita berisi 5 orang, dan apesnya saya yang paling depan. Sejujurnya berada didepan itu mengasikkan tapi ya, harus siap-siap basah lebih dari yang lain.

Hari hujan lagi dari jam setengah 3 sampai jam setengah 5, sehingga semuanya operasional diberhentikan. Hujan berhenti langsung naik wahana selanjutnya.

  1. Hysteria

Yang naik bukan saya, tapi saya bisa merasakan tegangan yang ada di wajah dua adik saya. Hysteria mainnya cuma 2 menit. Tetapi memang kecepatan naik turunnya ini yang membuat jantung deg-deg.an.

image
Histeria Dunia Fantasi
  1. Hello kitty adventure

Wahana ini sejujurnya cocok bagi anak-anak kecil, karena memang untuk foto-foto dan ada permainan kecil-kecilan didalamnya. Kita berkeliling-keliling di sini. Kemudian sebelum keluar akan ada pemutaran film hello kitty sekitar 5-10 menit.

image
Hello kitty adventure
image
Hello Kitty Aventure (2)
  1. Alap-alap
image
Tornado dunia fantasi

Actually, pengennya saya naik yang ada disebrangnya (tornado) but something wrong with my body, so I can’t play. Rasanya sayang memang tetapi mau bagaimana lagi.

Naik alap-alap ini bisa dibilang halilintar kecil, harusnya naik alap-alap dulu baru halilintar hehe. alap-alap ini jalannya dua kali putaran dan yang ekstreme mungkin miringnya. Banyak anak kecil yang naik wahana ini, jadi jangan takut naik ini. Saya juga sendirian dikursi (sebelahnya  tidak ada).

  1. Istana Boneka

Wahana ini merupakan wahana yang menurut saya harus dikunjungi oleh semua orang jika berada di dufan, karena merupakan wahana terkenal dan cocok segala usia. Koleksi boneka yang bermacam-macam dan bagus-bagus membuat betah lama-lama berada disini. Dengan bantuan perahu selama 15-20 menit kita mengitari istana boneka yang besar. Sewaktu disana ada banyak pembaharuan boneka dibanding delapan tahun yang lalu di istana boneka, yang membuat saya interest adalah terdapat salah satunya badutnya film “it” yakni pennywise.

image
Istana Boneka Dunia Fantasi
image
Istana Boneka Dunia Fantasi (2)
  1. 3D Simulator (mysterious island)

Detik-detik mau ditutup kita langsung ke 3D simulator. Sama seperti movie 3D biasanya, kursi yang bisa goyang-goyang kemudian layar cekung dan lebar, tetapi bedanya tidak menggunakan kaca mata. Hal ini membuat minus karena rasanya kurang menyatu, tapi tidak masalah.  Film yang diputar kebetulan petualangan bersama aktor-aktor film Jumanji. Menurut saya, wahana ini lebih asik saat delapan tahun yang lalu (dulu delapan tahun lalu sudah pernah naik).

Jam delapan lebih kita pulang dan semua wahana juga sudah ditutup, kita hanya naik sembilan wahana saja (aku cuma delapan). Dikit banget ya naiknya, karena memang saat itu hujan turun deras sekali dan antrian yang mengular membuat waktunya tak cukup. Saran aja, cari yang antriannya sedikit jika memang ingin naik semua wahana. Semakin sore atau malam pengunjung sudah berkurang, jadi kalian bisa naik wahana-wahana tanpa antri lama.

image
Ice Age Dunia Fantasi

Kemudian perhatikan jam buka dan jam tutup setiap wahana. Dan sepertinya lebih baik saat weekdays agar tidak antri bermenit-menit. Memang ada tiket VIP premium jadi tidak perlu antri lagi, tapi setau saya harga tiketnya mahal bukkk Rp 450.000 (cocok untuk weekend).

Bagi yang bawa tas, sebenarnya ada loker penitipan tas, dengan membeli koin seharga Rp. 30.000 tapi hanya sekali buka. Akan tetapi tidak masalah, selalu ada cara untuk save tas kita saat naik wahana (kecuali hysteria bisa dititipkan saat dipermainannya).

Perlengkapan yang harus disiapkan atau dibawa:

  1. Uang, dompet, atm, dan sejenisnya.
  2. Obat-obatan (mual, stamina, mag, dan obat yang diperlukan lainnya)
  3. Pakaian ganti (jika naik niagrara & arum jeram)
  4. Bekal makanan (jika ingin berhemat), tetapi disana harganya tidak seberapa mahal ya kisaran Rp. 18.000 keatas.
  5. Jajan + minuman.
  6. Kamera (jika ingin berfoto-foto, kamera hp juga bisa)
  7. Jangan bawa tas dengan isinya berlebih buat apa..

Apa saja tips hemat ke dufan:

  1. Untuk tiket masuk ke ancol harga normalnya adalah Rp 25.000, kalian bisa mencari tiket ancol di situt belanja online. Kebetulan saya membelinya di tokopedia. Harganya hampir 50% dari harga normal.
  2. Pergi ke dufan saat sedang promo, seperti kemarin event “girls month khusus wanita”, harganya hampir menjadi separuh. Harga normal saat weekdays 200.000 menjadi 110.000 dan untuk weekend adalah 295.000 menjadi 160.000
  3. Bawa bekal, minuman, dan jajan dari rumah.
  4. Jangan masuk ke wahana yang berbayar lagi (percuma ngapain).

Well, cerita diatas merupakan pengalaman pribadi sekaligus tips biar tetap hemat saat ke Dufan. Saya sendiri mengeluarkan uang sekitar:

  • Masuk ke ancol 000
  • Masuk ke dufan 160.000
  • Beli jajan diluar+minum 10.000
  • e-money PP 7.000
  • Total +/- Rp 192.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *